Rabu, 24 Agustus 2011

APA KABAR ANYAMAN PANDAN? - KENANGAN DARI PARANGGUPITO (3)



WONOGIRI (TERNYATA) PUNYA PANDAN LAUT
Bagi kebanyakan orang di wilayah Solo dan sekitarnya, seringkali ketika harus melancong ke pantai, pilihannya selalu jatuh pada pantai di wilayah Yogyakarta atau bahkan Pacitan. Seringkali terlupakan bahwa di kabupaten Wonogiri terdapat sejumlah pantai yang tak kalah indahnya. Berderet dari timur, dari Pantai Nampu, hingga ke barat di Pantai Sembukan, dan masuk dalam wilayah kecamatan Paranggupito, kecamatan paling selatan di Kabupaten Wonogiri.
Sepanjang pantai di kecamatan Paranggupito ditumbuhi oleh pandan laut (pandanus odorastissimus). Di daerah lain, seperti Yogyakarta dan Bali, pandan laut dapat diolah menjadi bermacam barang kerajinan, antara lain tas, sandal, topi dan aneka kerajinan lainnya. Ironisnya, selama ini pandan laut di wilayah pesisir selatan Wonogiri hanya dijual dalam bentuk bahan mentah ke daerah lain, seperti di Krakal, Yogyakarta untuk kemudian diolah di Kebumen dan Solo.
KINI MUNCUL HARAPAN BARU
Menyadari adanya potensi yang luar biasa, masyarakat desa Gunturharjo, sebuah desa yang terletak di wilayah Kecamatan Paranggupito kemudian mengusulkan adanya pelatihan keterampilan anyaman daun pandan laut melalui forum musyawarah desa. Gayung pun bersambut, melalui PNPM Mandiri Perdesaan dan bekerjasama dengan SKB Wonogiri, terwujudlah pelatihan tersebut.
Pelatihan ini merupakan sebuah awal, yang tentunya akan terus berkembang melalui dukungan semua pihak, dengan harapan dapat memunculkan produk unggulan baru bagi Kabupaten Wonogiri, menunjang sektor pariwisata, memperbaiki kualitas hidup masyarakat dan pada akhirnya mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.
Beberapa hasil pelatihan anyaman telah ikut dipamerkan dalam beberapa kesempatan. Mulai dari sandal, tas, tempat gula jawa dan topi pantai. Beberapa masukan dari untuk perbaikan kualitas produk didapat dari banyak pihak pada saat pameran tersebut, termasuk dari mas Danar, Bupati Wonogiri.
JANGAN BERHENTI DI SINI
Satu tahun telah berlalu. Bagaimana kelanjutan dari harapan yang dulu? Banyak hal telah kita rintis bersama, tapi ini belum cukup. Mari bersama wujudkan mimpi – mimpi kita. Sekali lagi, pelatihan ini merupakan sebuah awal, yang tentunya akan terus berkembang melalui dukungan semua pihak, dengan harapan dapat memunculkan produk unggulan baru bagi Kabupaten Wonogiri, menunjang sektor pariwisata, memperbaiki kualitas hidup masyarakat dan pada akhirnya mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk saran bahkan cacian...